Ketentuan Layanan Cek Plagiasi


Dengan memilih/mencentang "Saya Menyetujui Ketentuan Layanan ini" saat daftar berarti Anda menyetujui ketentuan layanan ini. Berikut ketentuan layanan saat mengirim/mengunggah file Skripsi/Tesis untuk pengecekkan plagiasi:

  1. File Skripsi/Tesis harus berupa PDF tidak boleh melebihi ukuran 20 MB
  2. File Skripsi/Tesis minimal memiliki halaman Cover, BAB 1  hingga Daftar Pustaka
  3. File Skripsi/Tesis sebaiknya menggunakan tulisan "Times New Roman" agar terhindar dari tulisan yang tanpa spasi.
  4. File Word Skripsi/Tesis Tidak boleh diconvert menggunakan aplikasi "WPS Office", Anda dapat melakukan convert menggunakan Aplikasi Nitro PDF atau secara online https://www.ilovepdf.com/word_to_pdf ataupun aplikasi lainnya selain WPS Office.
  5. File Skripsi/Tesis bukan merupakan file Hasil dari Scan menggunakan Alat/Aplikasi Scanner.
  6. Pastikan Jaringan Bagus untuk menghindari rusaknya file PDF yang dikirimkan.
  7. Pastikan file yang dikirimkan benar yaitu file PDF Skripsi/Tesis.
  8. Disarankan mengirim file Skripsi/Tesis menggunakan Laptop/PC.
  9. Untuk menurunkan persentase hasil cek plagiasi boleh menggunakan aplikasi parafrase atau sesuai dengan EYD (Ejaan yang disempurnakan KBBI), kemudian tidak boleh dengan cara yang tidak benar seperti:
    1. Menyelipkan karakter lain (Seperti karakter titik-titik, huruf, simbol-simbol lainnya) di antara spasi atau di akhir kalimat.
    2. Menghilangkan spasi pada tiap kata.
    3. Menambah jumlah spasi di antara kata.
    4. Mengubah tulisan menjadi gambar kemudian diselipkan di antara paragraf/kalimat.
    5. Menghilangkan salah satu BAB dari file Skripsi/Tesis.

Untuk selanjutnya jika tidak mengikuti aturan tersebut di atas dan jika sudah terlanjur mendaftar cek plagiasi silakan menghubungi LPPM Unidayan agar dihapus data yang telah didaftarkan. Kesalahan pengiriman file serta tidak mengikuti ketentuan diatas silakan lakukan pendaftaran cek plagiasi kembali dan tidak ada pengembalian dana jika telah ditransfer.